ANALISA PSIKOLOGIS ANGGOTA
(hasil Analisa Zuragan Mavro)
- 75%
komunitas MMM percaya penuh,
Analisa ini berdasarkan tingkat ketsiqahan (kepercayaan
penuh) anggota saat terjadi maintenance, saat ada issue hangat yang memojokkan MMM, saat ada info miring tentang Bp. Mavrodi, mereka tidak bergeming. Tetap PH dan GH tanpa tengok kiri kanan.
2.
10%
komunitas MMM ingin mencoba dan membuktikan Tentu saja ini khusus member baru yang bergabung 1-3 bulan.
Bulan ke-4 mereka sudah mulai percaya penuh, dan meningkatkan nilai PHnya.
Bahkan tak jarang bulan ke-2 sudah meningkatkan nilai PH. Keyakinan mereka
sangat tergantung bagaimana para manager menjelaskan secara detail, jujur dan
transparan termasuk sisi resiko.
3.
5%
komunitas MMM ragu-2 dan kawatir uang hilang Prosentase ini juga lumayan besar, dan mereka anggota baru.
Mengapa begitu besar?, Wajar. Mereka hasil rekrutan konferensi, hasil rekrutan
para manajer baru, biasanya lebih banyak dibumbui "gula-gula" agar
mereka bergabung. Di sini para manajer tidak menyampaikan resiko tetapi
keuntungan melulu, enaknya dan hal-2 yang indah tentang MMM. Atau managernya
sendiri belum yakin 100%, maka tentu saja rekrutannya juga orang-2 yang tidak
yakin. Saat ada maintenance system beberapa hari yang lalu, kelompok inilah
yang takut PH, sehingga waktu PH dan GH harus diperpanjang oleh system. Saat
mereka ditransfer, mereka ogah-ogahan KONFIRMASI, bikin kisruh komunitasnya
sendiri dengan kowar-2 di FB, Twitter atau group-2 komunitas lain, membuat
kelompok ke-2 dan ke-4 sangat terpengaruh. Yang takut tambah takut, yang ragu
jadi takut, yang sudah yakin jadi ragu. Tetapi hal ini tidak berpengaruh pada
kelompok pertama. Ini terbukti, tidak sampai 5% anggota yang ter-blacklist
karena tak mau PH, sisanya HANYA MOLOR PH dan MOLOR KONFIRMASI.
Artinya meskipun kelompok 3 ini 10%, pengaruhnya tidak sampai membahayakan MMM, sekedar sedikit ada GETARAN seperti getaran pesawat saat ada awan di depannya.
Artinya meskipun kelompok 3 ini 10%, pengaruhnya tidak sampai membahayakan MMM, sekedar sedikit ada GETARAN seperti getaran pesawat saat ada awan di depannya.
4.
10%
komunitas MMM tidak mengerti sepenuhnya tentang MMM Banyak orang masuk MMM karena melihat peluang
bagus, tergiur angka 30% atau takjub dengan perkembangannya yang sangat luar
biasa. Lalu mereka masuk, baik lewat referrel langsung atau online. Atau,
mereka percaya begitu saja kepada teman, saudara atau orang-2 yang memiliki
hubungan dekat secara psikologi, lalu mereka ikut bergabung, tanpa tanya ba bi
bu. Bisa juga mereka masuk lewat manager yang belum faham juga terhadap MMM, ya
wajar kalau yang bergabung juga tidak mengerti.
Dari ke-4 psikologi anggota tersebut pengaruhnya terhadap umur MMM tidak terlalu besar, hanya berkisar 10%.
~> A1 ( Analisa 1 = 10%)
0 komentar:
Posting Komentar